7 HIKMAH PERNIKAHAN DALAM ISLAM YANG JARANG DIKETAHUI

hikmah pernikahan dalam islam

Pernikahan merupakan sebuah cara yang dipilih oleh Allah untuk jalan manusia agar bisa menghasilkan keturunan. Sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan harus diatur secara terhormat serta berdasarkan saling meridhai, untuk itu sebuah pernikahan perlu diadakan karena melalui acara ijab-qabul maka menjadi bukti bahwa mereka saling meridhai dengan dihadiri para saksi yang menyaksikan bahwa pasangan tersebut kini sudah saling terikat.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah, tak hanya acara resepsi saja namun hal yang terpenting adalah anda memperhatikan hukum pernikahan anda, hal-hal yang dilarang dalam pernikahan, serta hikmah pernikahan.

Pernikahan memberikan hikmah pernikahan yang begitu banyak bagi kehidupan seseorang, selain melengkapi agama pernikahan juga member pengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Biasanya seseorang akan berubah setelah menikah. Berikut ini adalah hikmah dari sebuah pernikahan.

7 Hikmah Pernikahan Menurut Agama Islam

1. Terpenuhinya kebutuhan biologis
Kebutuhan biologis (naluri seks) Manusia merupakan naluri yang paling kuat serta keras yang membutuhkan adana jalan keluar. Maka dari itu, pernikahan menjadi jalan keluar bagi orang untuk memenuhi kebutuhan atau naluri seksnya dengan cara yang benar, alami serta biologis yang paling baik tentunya paling sesuai.
2. Naluri kasih sayang
Sebuah pernikahan membuat seorang pria tumbuh kebapakkan dan seorang wanita tumbuh keibuannya yang saling melengkapi. Tak hanya itu saja, sebuah pernikahan juga menimbulkan perasaan cinta, ramah serta sayang terutama dalam suasana hidup bersama anak-anak.
3. Membentuk keluarga mulia
Menikah merupakan jalan yang paling baik untuk membuat anak-anak menjadi mulia, memperbanyak keturunan, melestarikan hidup seorang manusia dan juga memelihara nasab yang oleh islam begitu diperhatikan.
4. Menumbuhkan rasa tanggung jawab
Menikah juga membuat tumbuhnya rasa tanggung jawab terutama bagi seorang pria, biasanya seorang pria akan lebih rajin berkerja setelah menikah karena dia memiliki tuntutan harus bertanggung jawab untuk memberikan nafkah kepada sang istri tercintanya.
5. Pembagian tugas
Setelah menikah, biasanya pasangan suami istri akan melakukan pembagian tugas. Misalnya sang istri bertugas mengasuh anak dan mengurus rumah sedangkan sang suami berkerja untuk mencari nafkah.
6. Memperteguh silaturahim
Menikah juga dapat memperteguh silaturahmi baik antar keluarga, bahkan juga dapat memperkuat hubungan dalam bermasyarakat.
7. Menundukkan pandangan
Menundukkan pandangan termasuk hikmah menikah yang begitu indah. Setelah menikah maka orang tersebut dituntut untunk menundukkan pandangan, menjaga kemaluan, serta menjaga agama tentunya, jika semua itu dilakukan dengan baik maka akan hadir ketentraman hidup bagi diri anda dan juga kebahagiaan yang luar biasa.

Demikian informasi mengenai hikmah menikah. Mengingat begitu banyak hikmah dari menikah maka sebaiknya bagi anda yang sudah masuk dalam golongan orang dengan hukum wajib atuapun sunnah untuk menikah sebaiknya segeralah lakukan dan wujudkan pernikahan anda. Selan hikmah sebuah pernikahan yang telah dijelaskan diatas, menikah juga dapat membuka pintu rezeki.

jual souvenir pernikahan unik

Add Comment